Rome Sweet Rome, Piala Champion Pertama Liverpool FC

Thursday, November 28, 2013


1977 merupakan final pertama Liverpool FC di Liga Champion Eropa. Pertandingan final ini mempertemukan Liverpool FC melawan Borussia Moenchengladbach, ini merupakan final kedua bagi kedua klub itu setelah sebelumnya kedua klub ini bertemu pada final piala UEFA pada tahun 1973. Saat itu Liverpool FC berhasil mengalahkan Moenchengladbach dengan skor 3-2. Final ini bukan saja final pertama Liverpool, namun ini juga merupakan final pertama buat Moenchengladbach. Liverpool FC yang menyandang predikat sebagai juara bertahan piala UEFA musim sebelumnya, bersiap menghadapi pertandingan besar dan bersejarah. Pertandingan yang dilakukan di Roma itu menjadi gelar Champion pertama Liverpool FC setlah dalam pertandingan sukses mengalahkan Moenchengladbach dengan skor meyakinkan 3-1.

Liverpool FC, berhasil masuk Liga Champion setelah sebelumnya menjuarai divisi satu Liga Inggris 1975/76. Di pertemuan pertama, Liverpool FC harus menghadapi klub dari Irlandia Utara, Crusaders. Pertandingan pertama merupakan pertandingan home buat Liverpool FC, Anfield menjadi saksi atas 2 gol Liverpool yang masing-masing dicetak oleh Phil Neal melalui titik putih dan ditutup oleh John Toshack. Di pertemuan berikutnya, leg ke-2 Liverpool FC bertandang ke markas Crusaders, di pertandingan ini Liverpool FC menggila dengan menghempaskan Crusaders dengan skor telak 5 gol tanpa balas. Empat gol yang dicetak Liverpool FC terjadi di sembilan menit terakhir. Agregat 7-0 memuluskan langkah Liverpool FC ke ronde berikutnya.

Di fase berikutnya, Liverpool FC harus menghadapi juara dari Turki Trabzonspor. Leg pertama dihelat di kandang Trabzonspor. Rencana Liverpool FC untuk menghindari kekalahan gagal setelah Trabzonspor dihadiahi tendangan pinalti pada pertengahan babak ke-2. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Trabzonspor. Pada leg ke-2, pertandingan dilakukan di Anfield kandang Liverpool FC. Pada pertandingan ini, Liverpool FC berusaha mengejar ketertinggalan agregat 0-1 atas Trabzonspor. Dan akhirnya, Liverpool FC dapat melumpuhkan Trabzonspor dengan skor 3-0, hasil yang membawa Liverpool FC memenangi agregat 3-1 dan berhasil melaju keperempat final melawan Saint Etienne.

Diperempat final Liverpool FC harus menghadapi finalis Liga Champion tahun sebelumnya, Saint Etienne. Seperti pertandingan sebelumnya, Liverpool FC kehilangan leg pertama setelah mengalami kegagalan di kandang saint Etienne dengan skor 0-1. Leg ke-2 kembali di helat di Anfield Stadium, yang merupakan salah satu pertandingan paling berkesan Liverpool FC di Liga Champion. Kevin Keegan membawa Liverpool FC unggul pada menit ke-2, 1-0 untuk Liverpool FC. Diawal babak kedua, bencana terjadi, pemain Saint Etienne, dominique Bathenay menyamakan kedudukan. Ini berarti tugas Liverpool FC sangat berat, mereka harus mencetak 2 gol lagi bila ingin melaju ke semi final. Agregat berpihak pada Saint Etienne, 1-2 untuk keunggulan tim dari Prancis itu. Di pertengahan babak kedua, Liverpool FC berhasil membobol gawang Saint Etienne dan merubah kedudukan menjadi 2-1 buat Liverpool FC. Agregat menjadi 2-2, namun itu belum cukup, karena aturan gol tandang mengharuskan Liverpool FC mencetak minimal 1 gol lagi bila ingin tetap melaju ke babak berikutnya. 18 menit akhir, David Fairclough masuk menggantikan John Toshack. Setelah berada 12 menit dilapangan, Fairclough mencetak gol dan membawa Liverpool FC unggul 3-1 atas Saint Etienne serta unggul agregat 3-2. Gol David Fairclough ini merupakan gol yang paling dirayakan di Anfield kala itu, dengan hasil ini, Liverpool FC berhasil melaju ke semi final bertemu juara Swis, FC Zurich.

Di semi final, langkah Liverpool FC tak terbendung, setelah menjungkalkan Zurich dikandang dengan skor 3-1, Liverpool FC kembali mengalahkan Zurich di Anfield dengan skor yang mencolok, 3-0. Agregat 6-1 atas Zurich di semi final menjadi modal Liverpool FC melangkah ke final yang dilaksanakan di Stadion Olympico Roma. Dan pada Laga final di roma itu, Liverpool FC akan menghadapi Moenchengladbach.

Di hadapan sekitar 57,000 penonton yang memadati Stadion Olympico Roma, final pertama buat kedua tim akan dimulai. Gol pertama dalam final ini di cetak oleh Terry McDermott setelah mendapat umpan dari sayap kanan yang dilesahkan Steve Heighway, Liverpool FC unggul 1-0. Setelah gol dari McDeremoot, Moenchengladbach semakin gencar menguasai pertandingan, namun tak ada tambahan gol lagi di babak pertama. Di babak kedua, ketika pertandingan baru berjalan 7 menit, Simonsen berhasil menjebol gawang Liverpool FC yang dikawal Ray Clemence, skor imbang 1-1. Tommy Smith kembali membawa Liverpool FC unggul 2-1 dimenit ke 64. Lalu pada menit ke-82, Vogts membuat pelanggaran terhadap Kevin Keegan dan berujung penalti. Phil Neal yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan kesempatan ini, gol untuk Liverpool FC. Penalti Phil Neal meperlebar jarak menjadi 3-1 untuk keunggulan Liverpool FC. Hasil ini bertahan sampai akhir laga, dan menjadikan Liverpool FC sebagai juara sekaligus yang pertama kali di Liga Champion.


25, May 1977 20:15
Liverpool FC 3 (McDermott '28, smith '64, Neil '82)
Moenchengladbach 1 (simonsen '52)
Olympico Stadium, Roma (57,000)
Referee: Robert Wurtz (Prancis)


Berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment