Liverpool FC Dan Sahabat Beda Negara

Wednesday, November 27, 2013


Apa kalian pernah liat video di internet tentang kebersamaan Celtic dan Liverpool FC? Ya rasa kita semua tahu hal itu, Celtic dan Liverpool FC bisa selalu duduk bersama, hal ini "mungkin" dikarenakan kesamaan lagu kebesaran klub yang sama, yaitu You'll Never Walk alone. Seperti halnya Liverpool FC, Celtic juga memakai lagu ini sebagai lagu wajib mereka, jadi tak heran bila kedua klub ini bisa saling menaruh respect, meski pada kenyataannya banyak juga klub lain yang menggunakan lagu ini sebagai anthem buat klub mereka. Namun untuk hal lagu, Liverpool FC lebih dekat dan lebih melekat dengan lagu You'll Never Walk Alone. Bukan hanya Celtic, salah satu klub Jerman Borussia Dortmund juga sering memperdengarkan lagu ini saat akan mulai bertanding. Entah karena ini suatu kebiasaan lama atau baru-baru ini saya pun tak tahu pastinya. Dan, karena hal ini juga Liverpool FC sering disangkut pautkan dengan Dortmund, ya lagi-lagi karena kesamaan lagu You'll Never walk Alone. Sengaja atau ada maksud lain, terlepas dari semua itu, lagu You'll Never walk Alone ini memang mengandung banyak makna, seperti yang pernah saya tulis sebelumnya disini. Namun tahukah kalian, siapa sebenarnya sahabat Liverpool FC yang sebenarnya?

Borussia MoenchenGladbach, ya salah satu klub yang berasal dari Jerman ini merupakan sahabat bagi Liverpool FC. Bukan karena kesamaan anthem klub, namun persahabatan Liverpool FC dan Gladbach telah dimulai sejak lama, sejak mereka sering bertemu di kompetisi Eropa. Puncaknya adalah ketika final Eropa Cup di Roma pada tahun 1977. Meski saat itu Liverpool FC sanggup mengungguli Gladbach, namun supporter kedua tim merasa menemui kecocokan. Persahabatan keduanya telah terjalin sekitar tahun 1970'an, dimana saat itu Gladbach dalam masa kejayaannya. Tercatat ada 4 pertandingan yang mempertemukan kedua klub ini di era 70'an. Yang pertama adalah saat final piala UEFA 1973, saat itu Liverpool FC mampu mengungguli Gladbach dengan agregat 3-2 untuk mengangkat tropi piala UEFA. Berlanjut di final lainnya dan ini tak akan pernah terlupakan, final Eropa Cup di Roma tahun 1977, ini menjadi final pertama Liverpool FC diajang Eropa Cup sekaligus menjadi tropi Eropa pertama bagi Liverpool FC. Tahun berikutnya di tahun 1978, lagi-lagi kedua klub ini bertemu di semi-final Eropa Cup.Di leg pertama, Liverpool Fc harus mengakui keunggulan Gladbach 2-1, namun Liverpool membalasnya di Anfield dengan skor yang meyakinkan, 3-0.

Kesamaan lain yang "mungkin" menjadikan kedua supporter ini akur, bisa jadi karena MoenchenGladbach serta Liverpool merupakan sama-sama kota kelas pekerja, sehingga kedua supporter bisa saling mengerti tentang bagaimana antusias kelas pekerja dalam mendukung klub kesayangannya. Persahabatan unik ini telah terjalin lebih dari 40 tahun dan merupakan suatu kebanggaan, kita bisa bayangkan serombongan supporter pergi ke turnamen dimana klubnya tidak bermain dalam turnamen itu, semata hanya menunjukan dukungan atas apa yang telah terjalin selama ini. Dan itu menjadi sebuah rutinitas, mungkin sangat jarang ada sebuah persahabatan semacam ini.

Berikut saya rangkumkan beberapa fakta unik tentang persahabatan kedua klub ini yang saya dapat dari berbagai sumber di internet.

- Fans Gladbach rutin mengunjungi Anfield ketika musim dingin, ketika Liga Jerman sedang libur, dan fans Liverpool FC, biasanya mengunjungi Gladbach ketika awal atau akhir musim.



- Galdbach mempunyai satu sudut stadion yang didedikasikan untuk The Reds, bahkan di stadion Borussia Park ada lounge yang diberi nama Liverpool FC Suite.


- supporter Gladbach di Nord Kurve sering menyanyikan lagu You'll Never Walk Alone, Nord Kurve ini seperti halnya tribun The Kop Stand di Anfield.

- Rutinitas fans Gladbach mengunjungi Anfield sudah dimulai sejak 1992, kecuali pada tahun 2007. karena pada winter break tahun 2007, Liverpool FC menghadapi partai big match dengan bertemu Chelsea dan Everton, sehingga fans Gladbach berpikir untuk tidak mengambil jatah tiket pendukung lokal dimana saat itu sedang menjalani partai besar.

- Setiap tahun, saat berkunjung ke Gladbach, Kopites selalu diundang kelapangan untuk menyaksikan, bendera Liverpool FC dan MoenchenGladbach disatukan.

- Pada tahun 1991, fans gladbach sengaja mengunjungi Anfield untuk memberikan sumbangan sebesar 21.000 Deutchs Mark atau sekitar 7.000 Pound untuk korban tragedi Hillsborough.

Bagaimana Lads? sudah tahukan siapa sebenarnya sahabat Liverpool FC? Ya Borussia Moenchengladbach, bukan Borussia Dortmund. Mari kita semua berdoa, semoga Liverpool FC dan Moenchengladbach bisa bertemu lagi di kompetisi Eropa, dan mempererat persahabatan yang hebat ini. YNWA


0 komentar:

Post a Comment