Liverpool FC, Adik Yang Selalu Membuat Masalah

Friday, November 22, 2013


Dalam tulisan ini, saya akan mencoba melengkapi kisah tentang derby merseyside yang sebelumnya telah saya tulis. Namun kali ini saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana Liverpool FC yang menjadi adik kandung Everton yang selalu membuat masalah. Liverpool sebagai saudara muda Everton memang bisa dikatakan "ngelunjak" dalam arti Liverpool selalu membuat masalah buat kubu Everton. Kali ini saya coba menuliskan beberapa kejadian yang membuat kubu Everton semakin membenci adik kandungnya ini.

Yang pertama, seperti kita tahu, sebelum Liverpool FC, Anfield adalah rumah buat Everton. Sampai saat Houlding mengusirnya karena tak menyanggupi uang sewa yang naik. Selepas Everton pergi dari Anfield, lahirlah Liverpool FC yang mau tak mau harus diakui sebagai adik oleh Everton. Dan lucunya, Everton disingkirkan dari rumahnya -Anfield- oleh adik barunya. Mungkin sekilas kita berpikir ini hanya masalah home base, namun bila kita pikirkan lebih dalam, sakit hati itu sangat terasa buat kubu Everton, hal itu mereka luapkan dengan sering mengatakan Liverpool FC sebagai penghuni liar Anfield.

Berikutnya, meski Liverpool FC lebih muda dari Everton, namun masalah prestasi Liverpool FC lebih unggul dari sang kakak. Sampai saat tulisan ini saya tulis, untuk Liga Inggris Liverpool FC telah mengemas 18 gelar Liga Inggris, dua kali lipat lebih banyak dari punya sang kakak yang masih mengoleksi 9 gelar. Untuk urusan koleksi gelar, fans Liverpool FC lebih bisa tersenyum lebar, si merah sering mengejek dengan membelokan singkatan EFC yang semestinya Everton Football Club menjadi Empty F**kin' Cabinet.

Dan selanjutnya, pada era 1980'an Everton merupakan tim yang cukup tangguh, dan merupakan era terbaik buat Everton. Puncaknya adalah ketika 1985 saat Everton berhasil menjadi juara Liga. Dan seperti yang kita tahu, pada tahun saat itu terjadi tragedi kelam Heysel, yang mengakibatkan hukuman buat klub-klub Ingrris dilarang tampil dalam hajatan UEFA selama 5 tahun. Ya, kala itu sang kakak pun terkena imbasnya, yang mustinya masuk dalam Liga Champions akhirnya harus puas gigit jari karena hukuman atas Tragedi Heysel.

Belum puas, sekali lagi sang adik yang nyaris menggagalkan sang kakak untuk berlaga di Liga Champions, tentu kita masih ingat tentang keajaiban Istanbul. Ya saat itu Liverpool yang menjadi juara di Istanbul hanya mampu menempati posisi ke-5 di Liga. Dan jelas itu bukan posisi yang mendapatkan jatah Liga Champions, namun karena Liverpool FC pada tahun itu menjadi juara dan berhak untuk mempertahankannya, maka UEFA memutuskan untuk memaksakan Liverpool untuk tetap dapat mengikuti Liga Champions meski mengharuskan Liverpool bertanding lebih awal. Memang Everton tetap dapat jatah Liga Champions, namun hal ini sempat menjadi perdebatan yang tentunya membuat kubu Everton sempat ketar ketir, meski pada akhirnya Everton tetap disingkirkan Villareal dibabak awal.

Sudah tentu hal diatas jelas menimbulkan sentimen dan kebencian sang kakak terhadap adik sekandungnya itu. Hal itu terlihat dari dua dekade terakhir dalam derby Merseyside, yang dahulu merupakan Friendly Derby, dengan banyaknya pendukung yang bersebelahan karena memang tak ada aturan untuk pembatsan supporter dalam derby ini. Namun kini pemandangan itu sudah sangat jarang kita lihat, ya meskipun masih ada namun tak seperti saat sebelum dua dekade ini.

Namun betapun sengitnya persaingan diantara kakak-adik ini, dalam moment-moment tertentu mereka tetap saling respect, paska terjadinya tragedi Hillsborough, sang kakak juga ikut mencekal surat kabar The Sun. Hal ini sebagai ungkapan respect terhadap sang adik yang telah diberitakan menjadi biang keladi oleh surat kabar The Sun.

Terakhir buat sobat kopites, untuk melengkapi pengetahuan bagaimana sebenarnya persaingan Everton - Liverpool FC, bisa tonton film Reds and Blues The Ballad of Dixie and Kenny. Film ini mengisahkan bagaimana kehidupan bertetangga di kota Liverpool dengan warna yang berbeda.

Keep Reds and You'll Never Walk Alone




0 komentar:

Post a Comment