Bob Shankly atau Bill Paisley?

Friday, May 23, 2014



Mungkin kalian mengira saya telah salah menulis nama kedua legenda Liverpool FC ini, tidak, saya sedang ingin mencoba menggambarkan tentang keduanya, kira-kira siapakah yang terbaik dari kedua orang itu. Sejatinya nama depan Shankly adalah "Bill" dan nama depan Paisley adalah "Bob". Ya tapi disini mari kita coba mengira-ngira siapakah diantara keduanya yang pantas mendapatkan gelar sebagai yang terbaik di Liverpool FC. Mungkin ini tidak etis, karena keduanya merupakan legenda besar bagi klub, tapi tak ada salahnya bila kita mengupas bagaimana Bill dan Bob bekerja dan apa saja jasa kedua orang ini. Sekali lagi, tulisan ini hanyalah pendapat pribadi saya, dan bila ada pembaca yang merasa keberatan, semoga dapat memakluminya.

Tak dapat dipungkiri, tak ada orang yang paling berjasa membangun Liverpool FC melebihi jasa seorang Bill Shankly. Ya Shankly mungkin orang yang paling bertanggung jawab atas keadaan Liverpool FC saat ini, dan itu saya rasa mutlak. Namun bagaimana bila timbangannya adalah prestasi? Bill Shankly berhasil memenangkan 9 gelar dalam 15 tahun. Dan Bob Paisley memenangkan 19 gelar dalam 9 tahun karirnya di Liverpool FC sebagai pelatih. Dalam hal prestasi dan perebutan gelar, Bob Paisley lebih unggul ketimbang Bill Shankly, namun apa hanya dengan prestasi saja semuanya itu dinilai? Saya rasa ada banyak hal yang membuat seseorang begitu besar dijadikan legenda oleh sebuah komunitas, golongan atau klub dalam hal ini Liverpool FC. Bob Paisley sedikit lebih beruntung, Paisley memulai ketika keadaan telah lebih baik ketimbang Shankly. Paisley memulai ketika dasar-dasar klub telah terbentuk, dan Shankly lah orang yang membentuk dasar itu. Saya berpikir kita semua setuju Shankly berada sedikit diatas Paisley bila diurutkan berdasarkan ranking sebagai orang yang paling berpengaruh di Liverpool FC.

Namun semua itu kembali kepada pendapat kita masing-masing, namun bila kita mau jujur, pada masa awal kepemimpinan Shankly, Liverpool FC belum sukses besar, sampai akhirnya Paisley ikut bergabung bersama Shankly. Jadi ada pendapat yang menyimpulkan bahwa Shankly dan Paisley setara dalam hal jasa. Seperti yang dikatakan seorang jurnalis John Keith, kurang lebih seperti ini: "Bila Shankly yang menyalakan api, maka Paisley yang menjadi pemicunya". Bila benar ini yang menjadi sebuah ungkapan, maka jelas Shankly bekerja bersama-sama dengan Paisley dan bisa jadi Paisley mungkin lebih berperan (meski itu hanya kepada intern klub). Mungkin sekali lagi, pembaca akan sedikit tak rela untuk menerima ungkapan John Keith yang seolah-olah menyebut Paisley lebih berjasa ketimbang Shankly. Tapi menurut saya pribadi, hal itu adil, dan bila memang begitu kenyataannya, maka satu hal yang paling dapat dijadikan nilai lebih untuk Shankly adalah, Shankly dapat meracuni setiap sudut Liverpool FC dengan segala kehendaknya. Yap!! Shankly seorang motivator, seorang yang berapi-api dan orang yang selalu berteriak-teriak disetiap tahunnya untuk menuntut dana guna mendapatkan pemain. Ya, mungkin Paisley yang menjadi pelengkap kekurangan Shankly, namun pada dasarnya, Shankly lah yang menanam dasar-dasar yang ada pada Liverpool FC, bukan sekedar prestasi, Shankly melakukan lebih jauh dari sekedar jumlah trofi, Shankly telah menumbuhkan antusias, membangun, dan mendirikan Liverpool FC.

Tanpa mengurasi rasa hormat terhadap Bob Paisley, biar bagaimana pun, sosok Paisley juga patut disandingkan dengan Shankly. Kecerdasan Paisley yang dapat mendiagnosa cidera adalah hal yang sangat spesial. Konon dikatakan, Paisley dapat mengetahui apakah pemain menderita hanya dari melihat cara pemain itu berjalan. Selain itu, Paisley juga sangat pandai melihat bakat pemain. Mungkin kini saatnya kita membicarakan satu dengan yang lainnya, maksud saya adalah saat kita berbica tentang Shankly, maka disana tak akan lepas dari nama Bob paisley begitu juga sebaliknya. Betapa pun dalamnya dasar yang dibangun Shankly, Paisley orang pertama yang mempertahankan dasar itu. Dan bila ada ungkapan, Shankly lah orang yang pertama menumbuhkan antusiasme di Liverpool FC, maka Paisley lah orang pertama yang melanjutkan antusiasme itu. Sampai pada akhirnya mereka berdua dapat bersandingan dengan segala apa yang mereka punya.

Mungkin ini tak bagus, namun apapun itu semua saya kembalikan kepada penilaian masing-masing. Faktanya adalah ada banyak hal yang saya tidak ketahui tentang mereka berdua. Saran dan kritik tentu akan sangat membantu agar blog ini dapat terus berkembang dan menyajikan tulisan-tulisan yang lebih bermanfaat. Terima kasih... #YNWA


Sumber: bobpaisley.com, liverpoolfc.com, lfchistory.net, wikipedia, dan berbagai sumber










0 komentar:

Post a Comment