35668, Kapan Liverpool FC Merayakan Ulang Tahun

Friday, May 2, 2014


35668, Apa kalian tau kop maksud angka-angka itu? Ya mungkin banyak dari kita yang tidak tau apa arti nomor itu bagi Liverpool FC. Sebelum menjelaskan apa arti angka-angka itu, mari kita buka diskusi ini dengan kembali kita mengenang masa lampau tentang bagaimana dan lebih detailnya, kapan Liverpool FC terlahir. Selama ini kita mengetahui bahwa hari ulang tahun klub adalah tangga 15 Maret, (menurut wikipedia, per tanggal 2, Mei 2014) dan 3 Juni (menurut situs resmi klub indonesia, bisa buka disini). Namun tahu kah kalian, bila angka-angka diawal tadi memberikan kita tanggal lain yang merujuk pada kapan Liverpool FC terlahir. Sejatinya, saya sendiri tetap meyakini apa yang telah tertulis di situs resmi klub, yaitu tanggal 3 Juni setiap tahunnya. Namun beberapa hari yang lalu, saya sempat menemui sebuah artikel yang membahas tentang tanggal lahir Liverpool dengan beberapa bukti yang menurut saya sangat menarik.

Lalu apa arti dari angka-angka diatas? Yap, angka-angka diatas adalah nomor registrasi Liverpool ketika pertama kali mendaftar sebagai Everton Football Club and Athletic Ground Company, Limited. Lho kok Everton? Ya pada awal registrasi, John Houlding sebagai pemimpin klub memilih nama itu sebelum akhirnya berganti menjadi Liverpool Football Club and Athletic Ground Company, Limited. Sebagai permulaan, mari kita teliti satu-persatu tentang bagaimana atau kapan sebenarnya Liverpool FC lahir. Sebelum saya lanjutkan, saya akan menjelaskan lagi, bahwa artikel ini bukan untuk dijadikan patokan, melainkan hanya sebagai bahan diskusi semata.

26 januari 1892, Ya, pada tanggal inilah Everton Football Club and Athletic Ground Company, Limited yang menjadi cikal bakal Liverpool Football Club and Ground Company terbentuk. Kita semua tentu tau tentang perselisihan antara anggota direksi Everton FC (Merseyside Blue) dengan John Holding. Pada malam sebelumnya 25 Januari 1892, Everton FC (blue) mengadakan pertemuan direksi di College Hall Shaw Street. Pertemuan ini membahas tentang kemungkinan Everton FC (blue) pindah markas dari yang sebelumnya di Anfield bergerak ke Goodison Road. Pada saat pertemuan itu sendiri, John Houlding yang kala itu juga sebagai pemimpin di Everton FC (blue) tidak dapat hadir tanpa alasan yang jelas. Dan pada rapat itu pula, William Barclay yang kala itu menjabat sebagai wakil presiden Everton FC (blue) menyatakan mundur dan selanjutnya Barclay bergabung bersama John Houlding.

Namun pada keesokan harinya, 26 Januari 1892, John Houlding diberitakan media massa telah mendaftarkan perusahaan barunya dengan nama Everton Football Club and Athletic Ground Company, Limited yang nantinya akan berubah menjadi Liverpool Football Club and Athletic Ground Company, Limited. Nah disinilah angka-angka itu berbicara, 35668 menjadi nomor registrasi resmi Liverpool FC sebagai perusahaan. Dan sampai sekarang nomor itu yang selalu di gunakan Liverpool FC sebagai nomor registrasi resmi mereka sebagai perusahaan. Bagi yang ingin lihat, bisa buka link ini http://indonesia.liverpoolfc.com/legal/terms-and-conditions

Lalu bagaimana cara mengetahui kalau nomor registrasi itu terdaftar pada tanggal 26 Januari 1892? Kalian bisa mengeceknya disini dan kalian bisa menemukan data tentang Liverpool FC disana. Lebih jelasnya saya akan lampirkan gambarnya, berikut adalah hasil screen capture yang saya simpan.


Gambar diatas menunjukan kalau Liverpool FC terdaftar dengan nomor 0035668 selanjutnya kalian akan menemukan tanggal peresmiannya adalah tanggal 26 Januari 1892. Nah bagaimana sampai disini? Baiklah selanjutnya kita bahas bagaimana dengan tanggal 15 Maret 1892.

15 Maret 1892, merupakan rapat tahunan yang diadakan oleh Everton FC (blue), dan pada rapat itu John Houlding yang sebelumnya menjabat sebagai presiden klub telah dihapus setelah para anggota melakukan pemungutan suara. Nah kini Everton FC (blue) bercampur dengan Everton FC & Athletic Ground Company, Limited (red). Selanjutnya, Houlding dan beberapa teman yang setia kepadanya membentuk sendiri klub yang nantinya akan mengisi kekosongan di Anfield yang ditinggalkan oleh Everton FC (blue). Dengan Everton FC & Ground Company sebagai landasannya, Houlding mulai serius untuk membangun sebuah klub baru. Mungkin dari sinilah awal kisah mengapa sampai saat ini masih ada media yang memberitakan hari ulang tahun Liverpool FC adalah tanggal 15 Maret. Sebelum mengambil keputusan, mari kita meluncur ke tanggal berikutnya, yaitu 3 Juni 1892.

3 Juni 1892, tanggal yang secara resmi dirayakan sebagai ulang tahun Liverpool FC oleh Official resmi LFC. Namun tahukan kalian apa yang terjadi pada tanggal 3 Juni 1892? Pada tanggal ini dimana nama sebelumnya, yaitu Everton Football Club & Athletic Ground Company, Limited berubah nama menjadi Liverpool Football Club & Ground Company. Ya, kala itu Everton bentukan Houding dinyatakan kalah dan tak boleh menggunakan nama yang sebelumnya telah ada. Berikut saya lampirkan gambar sertifikat yang dikeluarkan oleh Panitera Saham Gabungan Perusahaan yang memasukan nama baru di register yang terdahulu, alias perubahan nama dari Everton Football Club & Athletic Grounds Company, Limited menjadi Liverpool Football Club & Athletic Ground Company, Limited.



Nah, sekarang bagaimana kop? Sekali lagi, artikel ini hanya sebagai bahan diskusi semata, untuk pertanyaan kapankah ulang tahun Liverpool FC, silahkan kalian diskusikan di kolom komentar.

Namun saya akan mencoba menambahkan sedikit tentang artikel ini, menurut saya, mengapa Oficcial merayakannya pada tanggal 3 Juni, saya beranggapan karena pada tanggal 26 januari 1892, Liverpool FC yang saat itu meregistrasi sebagai Everton FC & Athletic Ground Company, Limited adalah hanya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang fasilitas olahraga. Bila kita cermati hal itu tertulis pada gambar pertama di kolom blok coklat baris kedua. Disana tertulis perusahaan bergerak di bidang fasilitas olahraga. Namun lebih jauh saya tak mau berspekulasi, selanjutnya saya serahkan kepada pembaca untuk mendiskusikannya.


Sumber: indonesia.iverpoolfc.com kjellhanssen.com liverpoolfc.com wikipedia dan berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment