Barclay, McKenna Atau Keduanya?

Tuesday, April 22, 2014


Siapa manager pertama Liverpool FC? Kali ini saya mencoba untuk membuka diskusi tentang siapa diantara William Barclay atau John McKenna yang lebih dulu menjadi manager Liverpool FC? Atau keduanya bekerja bersama-sama sebagai manager dalam rentang waktu yang sama? Dari banyak artikel yang saya cari, hasilnya sangat beragam, ada yang menyebutkan John McKenna sebagai manager pertama Liverpool FC, ada pula yang yang menyebut William Barclay sebagai yang pertama. Dari Wikipedia sendiri, mereka menempatkan kedua orang itu sebagai yang pertama atau mereka berdua menjabat sebagai manager pada rentang waktu yang sama. Lebih detail, sumber dari wikipedia menyebutkan, Barclay mengurusi administrasi klub dan McKenna mengurusi situasi di lapangan. Dalam situs resmi Liverpool FC, tertulis Barclay berada diatas McKenna walau penandaan tahun jabatannya sama yaitu 1892-1896. Sepertinya situs Official Liverpool FC sendiri sangat berhati-hati dengan hal ini, mereka menulis Barclay sebagai Sekretaris Manager dan McKenna sebagai Pelatih Manager. Entah bagaimana pembagian tugas ini, namun bila merunut dari sumber resmi klub yang mengatakan McKenna sebagai "Pelatih Manager" seharusnya McKenna lah yang tertera sebagai manager pertama Liverpool FC. Hal ini jelas pada masa sekarang bagaimana tugas manager pada sepakbola saat ini.

Tapi mengapa rilis resmi dari Liverpool FC sendiri menempatkan Barclay dan McKenna pada tempat yang sama, dengan rekor pertandingan yang sama, dan masa jabatan yang sama? Barclay memang turut andil besar terhadap terbentuknya sebuah tim, namun bila McKenna yang menjabat sebagai "Pelatih Manager", dan mengurusi kepelatihan dan lapangan,  tentu rekor pertandingan itu lebih pas bila hanya disematkan pada McKenna. Ya tetapi apapun itu, masalah ini sangat jauh dari masa sekarang, dan masa itu sangat terbatas bagaimana sumber dapat bertahan setelah melewati beberapa masalah seperti perang. Tulisan ini bukan untuk menegaskan tentang siapa yang pertama atau lebih berhak atas gelar "first manager" Liverpool FC. Namun alangkah baiknya bila kita mencoba mengkaji dan saling berbagi informasi tentang klub yang kita cintai ini.

Data & Fakta

Yang pertama kita mencermati tentang Barclay, berikut saya lampirkan gambar susunan direksi diawal terbentuknya Liverpool FC.

Dari salinan diatas, tertulis William Barclay sebagai sekretaris, dan McKenna hanya sebagai direksi klub. Dari tulisan sebelumnya di awal paragraf, Barclay dan McKenna menjabat sebagai sekretaris, ya karena pada salinan gambar susunan direksi diatas tak ada satupun yang menempati jabatan sebagai manager. Hal yang mungkin terjadi adalah, pemahaman tentang jabatan "sekretaris" pada sebuah klub pada masa lampau. Bisa jadi jabatan "sekretaris" itu yang dimaksud dengan "manager" pada sepakbola jaman sekarang, bila hal itu benar, maka William Barclay lah manager pertama Liverpool FC. Berikut saya lampirkan lagi salinan dari Football League Rule Handbook of 1893-1894.

Dalam, salinan yang memberikan daftar sekretaris semua klub peserta, tertera nama William Barclay sebagai perwakilan klub. Gambar diatas merupakan bukti bila Barclay adalah sekretaris/manager pertama Liverpool FC. Atau apabila memang masih kurang setuju, kita dapat menyebutnya, Barclay mempunyai andil lebih besar terhadap klub ketimbang McKenna saat itu, ini jelas karena Barclay mewakili Liverpool FC dalam salinan itu.

Berikutnya, kita akan melihat dimanakah letak nama John McKenna, berikut gambar salinan yang lain pada tahun 1895-1896.

Pada tahun 1895-1896 nama John McKenna tertera sebagai perwakilan Liverpool FC. Mungkin kalian bertanya, dari mana saya tau gambar diatas adalah salinan tahun 1895-1896? Di barisan bawah tertera perwakilan dari Manchester City atas nama Sam Ormerod, kalian bisa browsing dan akan menemukan benar bila Sam Ormerod adalah perwakilan Manchester City pada tahun 1895-1896. Dan dalam data yang saya temui (wikipedia) menulis Sam Ormerod sebagai manager Manchester City pada era 1895-1902. Bila benar apa yang dimaksud dengan sekretaris disalinan pada gambar diatas adalah manager, maka jelas sudah bila Barclay lah manager pertama Liverpool FC. Tapi mereka bekerja sebagai sebuah kesatuan dan tak dapat dipisahkan. Baiklah bila kita berpikir seperti itu, tapi yang perlu diingat, dalam kasus ini, dan dalam sepakbola kita mengenal yang namanya "pelatih kepala". Mungkin Barclay dan McKenna bekerja bersama, namun dengan ditunjuknya Barclay sebagai perwakilan Liverpool FC, paling tidak Barclay lebih berhak untuk menyandang sebagai "pelatih kepala" pada saat itu. Dan bila kita ambil data dari salinan diatas, John McKenna menjabat sebagai manager Liverpool FC hanya pada musim 1895-1896 sebelum akhirnya di gantikan oleh Tom Watson.

Bagaimana Kop? Setuju atau kalian punya analisis sendiri?


Sumber: wikipedia, liverpoolfc.com, kjellhansen.com, dan berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment